Selasa, 26 Maret 2013

Indikator teknikal Market Facilitation Index (BW MFI)

Indikator teknikal Market Facilitation Index (BW MFI), menunjukkan fluktuasi harga yang jatuh pada satu tik. Nilai absolut indikator ini tidak mempunyai arti sendiri, hanya perubahan yang masuk akal. Bill Williams melampirkan signifikansi kedalam variasi indikator dan volume:
Market Facilitation Index dan volume naik, menunjukkan bahwa: a) banyak trader yang masuk kedalam pasar (volume naik); b) indikator ini muncul candle barnya setelah ada trader yang membuka posisi, yakni pergerakan harga dimulai.
Market Facilitation Index dan volume turun, menunjukkan bahwa minat trader mulai hilang. Market Facilitation Index naik, tetapi volume turun. Pasar tidak didukung oleh volume dari sisi trader, dan harga berubah karena spekulasi trader "on the floor" (pihak perantara – broker dan dealer).
Indikator Market Facilitation Index turun tetapi volume naik. Tren bullish dan bearish saling beradu kekuatan yang diikuti oleh volume besar penjualan dan pembelian tetapi fluktuasi harga tidak signifikan, karena keduanya sama-sama kuat. Namun salah satunya akan menang. Biasanya candle bar yang muncul setelah ini akan menjadi penentu dari kelanjutan tren selanjutnya. Bill Williams menamakan candle bar ini "curtsying".

Perhitungan

Untuk menghitung Market Facilitation Index anda harus mengurangkan harga terendah candle bar dari harga candle bar tertinggi dibagi volume.
BW MFI = RANGE*(HIGH-LOW)/VOLUME
Dimana:
RANGE - adalah faktor pengali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar