Selasa, 26 Maret 2013

Indikator DeMaker-DeM

Indikator teknikal DeMarker (DeM) berdasarkan pada perbandingan harga maksimum candle bar saat ini dan sebelumnya. Ketika harga maksimum berada diatas harga maksimum candle bar sebelumnya, maka nilai perbedaannya akan dicatat. Apabila harga maksimum mempunyai nilai yang sama, berarti nilai yang dicatat adalah nol. Lalu, ketika jumlah nilai dari beberapa periode disimpulkan, hasilnya adalah angka indikator DeMarker dibagi dengan nilai yang sama ditambah dengan jumlah perbedan antara harga minimum dari candle bar sebelumnya dan candle bar saat ini. Ketika harga minimum diatas harga sebelumnya level adalah nol.
Ketika indikator DeMarker turun dibawah level 30, diprediksi harga bullish berbalik arah. Jika indikator DeMarkerIn naik diatas level 70, maka diharapkan harga bearish berbalik arah.
Penggunaan perhitungan indikator ini dalam jangka panjang memungkinkan untuk bisa melihat kecenderungan jangka panjang yang terjadi di pasar. Indikator dengan periode jangka pendek memungkinkan untuk masuk kedalam pasar dengan resiko yang minimal.

Perhitungan

Nilai indikator DeMarker untuk interval "i" dihitung dengan cara sebagai berikut:
The DeMax(i) dihitung:
If high(i) > high(i-1) , then DeMax(i) = high(i)-high(i-1), otherwise DeMax(i) = 0
The DeMin(i) dihitung:
If low(i) < low(i-1), then DeMin(i) = low(i-1)-low(i), otherwise DeMin(i) = 0
Nilai dari DeMarker dihitung dengan cara:
DMark(i) = SMA(DeMax, N)/(SMA(DeMax, N)+SMA(DeMin, N))
Dimana:
SMA - Simple Moving Average;
N - periode yang digunakan dalam perhitungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar