Selasa, 26 Maret 2013

Indikator Momentum

Indikator yang mengukur jumlah perubahan harga instrumen untuk periode tertentu dinamakan Indikator Momentum. Ada dua (2) metode kegunaan indikator Momentum:
Indikator yang mengukur jumlah perubahan harga instrumen keuangan untuk periode tertentu dinamakan Indikator Momentum. Ada dua (2) metode kegunaan indikator Momentum:
Sebagai trend-following oscillator, hampir sama dengan Moving Average Convergence/Divergence MACD. Sebuah signal untuk buy ketika indikator Momentum membentuk lembah dan akan terus naik. Signal sell terjadi ketika indikator Momentum membentuk puncak dan berbalik arah kebawah. Untuk perhitungan lebih tepat digunakan short moving average.
Kelanjutan dari kecenderungan ini ditentukan jika indikator Momentum berada diposisi paling tinggi atau sangat rendah. Jika indikator ini menyentuh nilai tertinggi dan kemudian berbalik arah kebawah, diprediksi harga akan naik. Tapi, dalam hal apapun, jangan terburu-buru untuk membuka posisi (/menutup) hingga pergerakan harga dibuktikan dengan signal indikator.
Sebagai indikator lending. Metode ini didasarkan pada anggapan bahwa fase akhir dari uptrend biasanya disertai dengan kenaikan harga yang tinggi (karena semua orang percaya pada kelanjutannya) dan penyelesaian pasar bullish dengan jatuhnya harga yang cepat (karena semua orang mencoba untuk meninggalkan pasar).
Ketika pasar ditutup diatas dengan disertai break yang cepat dari indikator Momentum. Lalu indikator mulai jatuh sementara harga terus naik dan bergerak horizontal. Dan pada saat kondisi pasar berada di bottom, jatuhnya Momentum tiba-tiba, kemudian berbalik arah keatas sebelum harga mulai naik. Dua keadaan ini menyebabkan terjadinya perbedaan antara indikator dan harga.

Perhitungan

Momentum dihitung sebagai rasio harga hari ini terhadap harga beberapa periode (n) sebelumnya.
MOMENTUM = CLOSE(i)/CLOSE(i-N)*100
Dimana:
CLOSE(i) - adalah harga penutupan candle bar (yang sedang terjadi);
CLOSE(i-N) - adalah harga penutupan candle bar periode (n) sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar